Kamis, 12 September 2013

THOMAS RAMDHAN - GIGI

sumber : agung1993.blogspot.com
(fotografer tertera pada gambar) 

THOMAS RAMDHAN 
THOMAS GIGI @Ramdhan_Thomas
Bandung, 5 Maret 1967

BASSIST
Influence : Yance Manusaman, Jimmy Suhendra, Yuke Semeru, Erwin Gutawa, Billy Sheehan.
Band : Gigi (1994-Sekarang)                                                  
sumber : flickr.com (azhari Firmansyah)
Dimulai dengan sebuah band yang di bentuk pada saat kelas 5 SD sebagai seorang gitaris. kini nama Thomas Ramdhan telah menjadi seorang bassist figur yang jadi inspirasi bassist-bassist muda di Indonesia.

Berawal dari sang ayah yang notabenenya adalah "Pemain biola". Thomas sejak kecil terus-terusan memandang sang ayah yang sedang beraksi dari tepi panggung.

Setelah manggung sana - sini sebagai seorang gitaris. Thomas yang kala itu menggawangi band bernama Crazy boys akhirnya mendapat tugas baru sebagai bassist untuk menggantikan bassist lama.

Pengalamannya makin terasah ketika menjadi bassist Primas Band yaitu band pengiring artis di bandung. dan manggung dari kafe ke kafe. setelah itu sejumlah band telah ia telah isi dengan kualitas suara bass nya. Gunsmoke, Headline dan sebuah band bernama Exist yang dimainkan bersama Baron

Tahun 1991, atas usul Pay, Thomas hijrah ke Jakarta untuk mengembangkan potensinya. setelah namanya bisa diperhitungkan dengan mengisi lagu sejumlah artis - artis ternama. Akhirnya Thomas bertemu dengan Dewa budjana dan membentuk Gigi. dan Akhirnya Thomas menjadi salah satu bassist terbaik Indonesia dengan gaya permainan dan Tunning khas milik Thomas.

Sebelumnya, Slank sempat memanggil Thomas untuk mengisi kekosongan Bassist (kala itu ditinggal Bongky). Namun Permainan Bass Thomas dianggap terlalu rumit dan gak sejalan dengan Musik Slank.


Berikut ada beberapa karya Thomas sebagai Player, Music Director, bahkan Produser di luar aktivitasnya sebagai Bassist Gigi. 



Anggun C. Sasmi - Pergilah kasih
Anggun C. Sasmi - Nocturno (Player)
Album (alm) Andi Liani - Album pertama dan kedua (Player)
Album (alm) Andi Liani - Album Ketiga (Music Director)
Atiek CB - Terapung (Player, Arranger Album)
Indra Lesmana dan Oppie Andraresta - Aku
Album Solo Lilo KLA (Player)
Album Atiek CB - Meditasi (Produser)
Boys of Rock band (Produser)


Dan sejumlah musisi yang bekerja sama dengan Thomas antara lain : Anang (Album ke 2 dan 3), Titi DJ, Trio Libels, Nicky Astria, Oppie Andraresta, Paramitha Rusadi, Poppy Mercury, Dewi Gita, Paquita Wijaya, Uci Wibi, Memes, Shopia Latjuba, KLA Project, Vinnie Alvionita, Mayangsari dan lain-lain.




Sumber :

http://www.gigionline.com/v2/profile.php?cinta=3
http://id.wikipedia.org/wiki/Thomas_Ramdhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar